Sabtu, 24 November 2012

DEPENDENCY DAN NORMALISASI

FUNCTION DEPENDENCY..???
NORMALISASI..???
 
       Mungkin dari temen-temen masih ada yang belum tau, apa itu function dependency. Dependency itu berasal dari kata dependece yang artinya ketergantungan. Jadi function dependency itu artinya fungsi ketergantungan. ok setelah kita tau apa itu function dependency secara umum,selanjutnya kita akan membahas mengenai funtion dependency secara lebih lanjut.
       Function dependency itu menggambarkan suatu hubungan antar atributte dalam suatu relasi. attribut itu dikatakan sebagai fungsi ketergantungan jika kita menggunakan attribute tersebut untuk menentukan harga attribut lain. Fungsi ketergantungan(funtion dependency) ini dilambangkan dengan simbol --> .
contoh:
Dalam suatu database terdapat data mahasiswa dengan attribut : NIM, nama_mhs, nama_orangtua. karena nama_mhs tergantung pada NIM, dan nama_orangtua tergantung pada nama_mhs. maka relasinya adalah seperti berikut: NIM--> nama_mhs dan NIM --> nama_orangtua.

Macam-Macam Functional Dependency
1. Full functional dependency
suatu relasi dikatakan full funtional dependency jika dalam relasi tersebut terdapat attribut yang saling bergantungan, misal attribut X dan Y, dimana attribut Y memiliki ketergantungan secara penuh pada attribut X(bukan subset X).
{NIM, nama_mhs} --> nama_orangtua
relasi diatas bukan termasuk full funtion dependency karena attribut nama_mhs merupakan subset. attribut nama_mhs itu sendiri tergantung pada attribut NIM. jadi jika attribut nama_mhs itu dihilangkan menjadi:
NIM--> nama_orangtua
maka relasi tersebut sudah bisa dikatakan full funtion dependency.
2. Partially dependency
ini merupakan kebalikan dari full funtion dependency. pada jenis ini kita bisa menghilangkan slah satu attribut, tanpa menghilangkan ketergantungan antar attribut, dan atribut Y memiliki dependence(ketergantungana) pada subset X.
3. Transitive dependency 
transitive dependency ini merupakan salah satu funtional dependency dimana keterhubungan anatara 3 relasi saling berkaitan.
contoh: dalam suatu database terdapat relasi X,Y,Z. dinotasikan seperti ini
X-->Y dan Y-->Z. jika kita ingin mengaitkan  relasi X-->Z, maka kita harus melibatkan relasi Y.

ya, mungkin cuma itu yang bisa saya sampaikan mengenai dependency. selanjutnya saya akan membahas tentang "NORMALISASI". apakah kalian semua tau, apa itu normalisasi??

Normalisasi yaitu suatu proses untuk mendapatkan struktur tabel yang efisien dan untuk mengahsilkan suatu relasi berdasarkan sifat-sifat yang kita inginkan.

Langkah-Langkah Normalisasi

1. 1NF(First Normal Form)

First Normal Form merupakan suatu relasi dimana setiap irisan antara baris & kolom berisikan satu & hanya akan menghsilkan satu nilai.
Langkah perubahan dari UNF ke1NF:
- Tunjuk satu atau sekumpulan atribut sebagai kunci untuk tabel unnormalizied.
- Identifikasi grup yang berulang dalam tabel unnormalized yang berulang untuk kunci atribut
- Hapus grup yang berulang dengan cara memasukkan data yang semestinya ke dalam kolom yang kosong pada baris yang berisikan data yang berulang atau dengan cara menggantikan data yang ada dengan copy dari kunci atribut yang sesungguhnya  ke dalam relasi terpisah.

2. 2NF(Second Normal Form)
langkah normalisasi yang kedua ini merupakan suatu relasi dalam 1NF dan setiap atribut non-primary-key bersifat fully functionally dependent pada primary key.
Langkah perubahan dari 1NF ke 2NF yaitu:
- Mengidentifikasi primary key untuk relasi 1NF.
- Mengidentifikasi functional dependency dalam relasi.
- Jika terdapat partial dependency terhadap primary key, maka hapus dengan menempatkannya dalam relasi yang baru bersama dengan salinan determinannya.

3. 3NF(Third Normal Form)
Dan yang terkahir(3NF) ini merupakan sebuah relasi dalam 1NF dan 2NF dimana tidak terdapat atribut non-primary-key attribute yang bersifat transitive dependent pada primary key.
Langkah-langkah perubahan dari 2NF ke 3NF:
- Mengidentifikasi primary key dalam relasi 2NF.
- Mengidentifikasi functional dependency dalam relasi.
- Jika terdapat transitive dependency terhadap primary key, hapus dengan menempatkannya dalam relasi yang baru bersama dengan salinan determinannya.

Sebenarnya masih ada langkah normalisasi yang lain, kurang lebih 2 atau 3 point lagi. tapi baru 3langkah ini yang saya pahami. insyaallah langkah-langkah lainnya akan menyusul pada posting berikutnya.

                                        
                                                   SEE YOU NEXT TIME.. ^___^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar